Senin, 19 Desember 2016

Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Cegah Kanker Payudara - adalah kanker dengan jumlah masalah paling banyak serta jadi momok untuk golongan perempuan. Kanker payudara adalah satu diantara penyebabnya paling utama kematian akibat kanker terutama pada wanita. Beberapa besar kanker payudara di ketahui saat pasien datang berobat pada stadium lanjut. Walau sebenarnya, bila terdeteksi awal serta selekasnya diterapi, kanker payudara masihlah dapat ditaklukkan.
Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Karenanya deteksi awal kanker payudara utama dikerjakan dalam usaha menghindar komplikasi serta akibat fatal dari kanker payudara. Satu diantara usaha akurat serta simpel untuk mendeteksi awal kanker payudara yaitu lewat kontrol payudara sendiri (SADARI) dengan cara teratur 7-10 hari sesudah hari pertama menstruasi. Pada rentang saat itu adalah yang paling pas lantaran kepadatan payudara menyusut. Begitu disarankan SADARI dikerjakan tiap-tiap satu hingga tiga bln. sekali selain kontrol payudara klinis lewat kontrol payudara oleh dokter maupun mammografi.

Di bawah ini 5 langkah SADARI yang bisa Anda kerjakan dalam usaha mendeteksi awal kanker payudara :

Langkah Pertama :
Berdirilah di depan cermin dengan tangan di segi badan serta perhatikan apabila ada pergantian pada ukuran, bentuk atau warna kulit, atau bila ada kerutan, lekukan seperti lesung pipi pada kulit payudara. Janganlah cemas apabila bentuk payudara kanan serta kiri tak simetris.

Langkah Ke-2 :
Langkah 2 kanker payudara
Angkat ke-2 lengan ke atas kepala, dilanjutkan dengan menempatkan ke-2 lengan di pinggan sembari menghimpit supaya otot dada berkontraksi. Bungkukkan tubuh untuk lihat apakah ke-2 payudara menggantung seimbang.

Langkah Ketiga :

Dengan lembut tekan semasing puting dengan ibu jari serta jari telunjuk untuk lihat adakah cairan yang keluar. Lalu kerjakan perabaan payudara. Kontrol ini bisa dikerjakan sembari berdiri atau berbaring. Bila mengecek payudara sembari berbaring, ditempatkan satu bantal di bawah pundak segi payudara yang di check.

Langkah Ke empat :

Angkat lengan kiri ke atas kepala. Pakai tangan kanan untuk menghimpit payudara kiri dengan ketiga jari tengah (telunjuk, tengah, manis). Awalilah dari daerah puting susu serta gerakkan ketiga jari itu dengan gerakan memutar di semua permukaan payudara. Rasakan apakah ada tonjolan atau penebalan. Yakinkan untuk mengecek daerah yang ada diantara payudara, dibawah lengan serta dibawah tulang selangka.

Langkah Ke lima :
Angkat lengan kanan ke atas kepala serta ulangilah kontrol untuk payudara samping kanan dengan memakai tangan kiri. Bila payudara umumnya mempunyai tonjolan, mesti di ketahui berapakah banyak tonjolan yang teraba bersama tempatnya. Bln. selanjutnya, mesti di perhatikan apakah ada pergantian ukuran ataupun bentuk tonjolan itu dibanding dengan terlebih dulu.

Catatan : Bila ada cairan dari puting yang terlihat seperti darah atau nanah, pada ibu yg tidak menyusui, jadi mesti selekasnya menjumpai petugas kesehatan untuk memeriksakan diri selanjutnya. Dengan memakai tehnik yang sama tiap-tiap bln., bakal menolong untuk tahu lebih awal jika ada pergantian berlangsung.

Demikian serta mudah-mudahan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar